Saturday 20 March 2010

10 Hal Boleh Dan Tidak Untuk Anjing

10 Hal Boleh Dan Tidak Untuk Anjing
Oleh Bobby Sant

1. Anjing boleh diberi garam pada makanannya , asalkan jangan terlalu banyak. Tubuh anjing juga membutuhkan garam seperti juga kita untuk menjaga cairan dalam tubuh. Semua produk makanan anjing yang dijual dipasaran mengandung garam sekitar 1%-3%. Beri garam lebih banyak pada anjing menyusui , supaya ia selalu merasa haus sehingga akan minum lebih banyak. Hal ini akan memperbanyak air susunya.



2. Anjing tidak boleh diberi makan bawang merah karena akan merusak metabolisme tubuhnya.



3. Anjing boleh diberi makan bawang putih secara rutin. Bawang putih sangat berguna untuk mencegah cacingan dan kutu. Makanan yang diberi bawang putih akan mengeluarkan aroma yang sedap sehingga nafsu makan anjing bertambah.



4. Anjing tidak boleh diberi makan cokelat, selain merusak metabolisme tubuh juga merusak gigi.



5. Anjing boleh diberi makan daging mentah. Daging mentah tidak membuat anjing menjadi galak, itu adalah mitos. Daging mentah membuat anjing menjadi lebih segar karena daging mentah lebih mudah diserap oleh pencernaan anjing.



6. Anjing tidak boleh diberi makan hati mentah atau setengah matang. Hati mentah lebih beresiko mengandung cacing. Hati harus dimasak matang benar sebelum diberikan ke anjing.



7. Anjing boleh diberi makan tulang leher ayam karena kandungan kalsiumnya cukup tinggi. Tulang leher ayam tidak tajam seperti tulang paha ayam. Tulang leher sebaiknya diberi secara mentah karena jika dimasak membuat tulang menjadi lebih keras.



8. Anjing hamil tidak boleh diberi makan obat cacing karena akan menyebabkan keguguran. Obat cacing diberikan sebelum anjing dikawinkan dan 2 minngu sesudah melahirkan.



9. Anjing hamil boleh dimandikan , asalkan dengan perlakuan khusus. Anjing yang hamil harus terus terjaga kebersihannya terutama di daerah sekitar puting susu dan vagina.



10. Anjing tidak boleh dimandikan 3 hari sebelum dan 1 minggu sesudah divaksinasi. Anjing yang baru mendapat vaksinasi harus dijaga kesehatannya , karena setelah divaksinasi anjing akan lemah tubuhnya dalam beberapa hari.

1 comment:

  1. nice artikel gan...

    sedia dog food dan cat food di https://www.indopetco.com/

    ReplyDelete